cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)
ISSN : 25027638     EISSN : 25028391     DOI : -
Core Subject : Education,
JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is registered with p-ISSN 2502-7638 and e-ISSN 2502-8391 is a scientific journal of Mathematics Education Department Universitas PGRI Semarang which focuses on the delivery of information on mathematics education from elementary school to university high. JIPMat is published 2 times a year in April and October.
Arjuna Subject : -
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2023)" : 13 Documents clear
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP MUHAMMADIYAH 25 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT Adwiyah Dalimunthe; Nurlina Ariani Hrp
JIPMat Vol 8, No 2 (2023)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jipmat.v8i2.16449

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran Missouri Mathematics Project mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa SMP Muhammadiyah 25 pada mata pelajaran matematika. Dalam penelitian ini, dua kelas-kelas eksperimen dan kelas kontrol-dilibatkan dalam desain eksperimen semu dengan menggunakan metodologi kuantitatif. Pengambilan sampel acak sederhana adalah metode pengambilan sampel yang digunakan. Alat yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Uji Anova digunakan untuk menilai data yang dikumpulkan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP Muhammadiyah 25 dapat ditingkatkan secara signifikan dengan menggunakan paradigma pembelajaran Missouri Mathematics Project. Hasil ini dapat membantu pendidik menciptakan strategi pengajaran yang lebih efektif yang meningkatkan kapasitas berpikir kritis matematis siswa
IMPLEMENTASI VIDEO PEMBELAJARAN MATERI POLA BILANGAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA Winda Kustriani; Venissa Dian Mawarsari; Iswahyudi Joko Suprayitno
JIPMat Vol 8, No 2 (2023)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jipmat.v8i2.15449

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan dari media video pembelajaran berbasis kearifan lokal daerah terhadap peningkatan kemampuan literasi matematika siswa. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif melalui uji kelompok kecil dan uji kelompok besar. Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil uji kepraktisan pada kelas VIII yang berjumlah 10 siswa diperoleh hasil 86% dengan kriteria praktis. Hasil uji kelompok besar di kelas VIII dengan jumlah 23 siswa memperoleh hasil 92% dengan kriteria sangat praktis dan layak digunakan. Hasil pre-test dan post-test mengalami peningkatan dengan rata-rata 73,6 berdasarkan kriteria yang telah ditentukan termasuk dalam kriteria efektif. Hasil peningkatan kemampuan literasi matematis berdasarkan data uji N-Gain diperoleh nilai gain sebesar 0,7. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII tergolong tinggi
PENGEMBANGAN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOLABORASI SISWA SMP KELAS VII Made Ayu Wagiswari Santika; Putu Kartika Dewi; I Gusti Putu Suharta
JIPMat Vol 8, No 2 (2023)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jipmat.v8i2.15805

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar kurikulum merdeka berbasis project based learning pada kelas VII jenjang SMP. Model pengembangan yang digunakan ialah ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data non tes, yang terdiri dari pemberian angket validitas, angket kepraktisan, dan angket kemampuan kolaborasi. Data yang telah diperoleh dari angket validitas, selanjutnya dianalisis menggunakan analisis instrumen LORI (Learning Object Review Instrument), sedangkan data yang diperoleh dari angket kepraktisan dianalisis menggunakan analisis instrumen UEQ (User Experience Questionnaire), dan data dari hasil angket kemampuan kolaborasi dianalisis berdasarkan skala likert. Berdasarkan hasil uji validitas, modul ini dinyatakan valid secara isi dengan persentase skor 76% dan 89% atau baik sedangkan secara tampilan mendapatkan persentase skor 90% dan 97% atau sangat baik. Setelah melalui uji validitas, modul ini melalui uji kepraktisan yang menggunakan UEQ sebagai pengujiannya. Hasil uji kepraktisan ini membuahkan kategori baik pada aspek daya tarik, kejelasan, efisiensi, stimulasi dan dan kategori sangat baik pada aspek ketepatan. Hasil tersebut menunjukkan bahwa modul ajar yang dikembangkan ini dapat dinyatakan praktis. Tahap pengujian yang terakhir ialah uji efektivitas yang mana modul ajar diujicobakan kepada satu kelas yakni kelas VII E di SMP Negeri 3 Singaraja. Berdasarkan hasil uji coba tersebut, dari 34 orang peserta didik diperoleh sebanyak 11 orang yang tidak memenuhi kriteria sedang dan 23 orang lainnya memenuhi kriteria sedang. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa modul ajar ini dinyatakan layak
ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENGERJAKAN SOAL SPLDV BERDASARKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS Reni Septiana; Sugeng Sutiarso
JIPMat Vol 8, No 2 (2023)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jipmat.v8i2.15712

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting dimiliki dalam kehidupan sehari-hari, kenyataan yang terjadi dalam kegiatan belajar mengajar berlangsung ditemukan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik lemah karena mereka belum memiliki kemampuan tersebut. Solusi yang ditawarkan dari permasalahan ini adalah pemahaman mengenai kemampuan berpikir kritis yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam materi yang sedang dipelajari, khususnya dalam materi persamaan linier Dua Variabel. Penelitian dilaksanakan di SMP Assahil lampung Timur pada Tahun Pelajaran 2022/2023 semester genap. Teknik pengumpulan data menggunakan soal uraian dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan deskriptif serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian berdasarkan yang telah didapatkan oleh peneliti yaitu dari segi aspek penerapan yang telah dilakukan oleh peserta didik dalam kesalahan mengerjakan soal persamaan linier Dua Variabel.
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN OSBORN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS XII MIPA 9 SMA NEGERI 1 KUTA UTARA I Wayan Sumandya; Ni Putu Yuni Antari
JIPMat Vol 8, No 2 (2023)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jipmat.v8i2.15456

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dengan mengimplementasikan model pembelajaran Osborn pada siswa kelas XII MIPA 9 SMA Negeri 1 Kuta Utara. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA 9 SMA Negeri 1 Kuta Utara dengan jumlah 38 siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen tes pemahaman konsep matematika siswa. Hasil penelitian ini adalah meningkatnya pemahaman konsep matematika siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil tes pemahaman konsep matematika siswa pada refleksi awal rata-rata tes pemahaman konsep pada kelas tersebut adalah 59,68. Pada Siklus I jumlah siswa yang tuntas 29 siswa (76,32%) dengan nilai rata-rata tes pemahaman konsep matematika 75,63. 67,25 namun belum memenuhi ketuntasan klasikal yang ditetapkan yakni 75%. Sedangkan pada Siklus II meningkat menjadi siswa yang tuntas 34 siswa (89,47%) dengan nilai rata-rata tes pemahaman konsep matematika siswa 80,89. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan mengimplementasikan model pembelajaran Osborn dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Kuta Utara
ETNOMATEMATIKA PADA MENARA SIGER LAMPUNG SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA Fungky Marian; Dopy Rizko Saputra
JIPMat Vol 8, No 2 (2023)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jipmat.v8i2.16017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki apa saja unsur-unsur matematika yang terdapat disalah satu bangunan budaya di Daerah Lampung, yaitu bangunan Menara Siger Lampung. Salah satu ilmu yang mengaitkan hubungan antara kebudayaan dengan ilmu pengetahuan adalah Matematika. Dalam menghubungkan masyarakat dan matematika, diperlukan suatu tinjauan yang kemudian disebut dengan etnomatematika. Etnomatematika sendiri merupakan suatu metode yang dilakukan guna mengaitkan antara budaya dan matematika. Nilai budaya tersebut nantinya mampu dijadikan sebagai sumber bahan ajar matematika siswa di sekolah. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menerapkan pendekatan etnografi. Metode pengumpulan informasi didalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang diterapkan adalah rancangan Miles dan Huberman, yang terdiri dari tahap pengurangan informasi, penyajian informasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa Bangunan monument Menara Siger Lampung yang menjadi salah satu ciri khas dan kebanggaan warga di Provinsi Lampung mengandung konsep matematis didalam susunan arsitekturnya, Konsep tersebut terdiri dari bangun datar dua dan tiga dimensi, serta dasar bilangan menunjukkan bahwa bangunan Menara Siger Lampung mengandung unsur-unsur matematika dalam perancangannya sehingga dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar pembelajaran matematika di sekolah-sekolah
ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA MATERI STATISTIKA BERDASARKAN TEORI APOS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF DAN IMPULSIF Febri Eko Wicaksono; Rizky Esti Utami; Heni Purwati
JIPMat Vol 8, No 2 (2023)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jipmat.v8i2.15829

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi statistika berdasarkan teori APOS ditinjau gaya kognitif reflektif dan impulsif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 4 siswa dari 36 siswa kelas XI MIPA 7 SMA Negeri 1 Jakenan, yang terdiri dari 2 siswa dengan gaya kognitif reflektif dan 2 siswa dengan gaya kognitif impulsif. Gaya kognitif subjek ditentukan berdasarkan dari nilai Matching Familiar Figure Test (MFFT) dan kemampuan pemahaman konsep siswa diperoleh dari Tes Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dan wawancara. Kesimpulan dari penelitian ini adalah subjek reflektif mampu mencapai pemahaman konsep berdasarkan teori APOS pada tahap aksi, proses, objek, dan skema. Sedangkan subjek impulsif mampu mencapai pemahaman konsep berdasarkan teori APOS pada tahap aksi, proses, dan objek. Dalam menggunakan instrumen MFFT, data yang dicatat meliputi banyaknya waktu (t) yang digunakan siswa untuk menjawab keseluruhan soal yang diberikan dan frekuensi (f) kesalahan jawaban yang diberikan.
DESAIN E-LKPD BERBASIS STEM TEMA KEARIFAN LOKAL BERNUANSA PENDIDIKAN KARAKTER MATERI LINGKARAN Martyana Prihaswati; Istiqomah Yuliani; Eko Andy Purnomo; Mazlini Adnan; Uswatun Khasanah
JIPMat Vol 8, No 2 (2023)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jipmat.v8i2.15489

Abstract

Penggunaan media pembelajaran belum dioptimalkan di MTS Muhammadiyah 03 Ngargosari terutama pada pembelajaran matematika. Pembelajaran matematika terbatas menggunakan buku LKS cetak, oleh karena itu dibutuhkan sebuah desain media pembelajaran yang dapat digunakan untuk kegiatan belajar di kelas maupun pembelajaran mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain E-LKPD yang valid berbasis STEM tema kearifan lokal bernuansa pendidikan karakter materi lingkaran kelas VIII. Jenis penelitian ini merupakan penelitian RnD (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D (Define, Design, Development, Dissiminate) namun dibatasi pada tahap perancangan. Instrumen dalam penelitian menggunakan observasi, wawancara, dan lembar validasi ahli kemudian diintepretasikan menjadi data deskriptif. Hasil penelitian berupa desain E-LKPD dan hasil kevalidan E-LKPD dari ahli media dan ahli materi. Berdasarkan ahli media, E-LKPD mendapatkan rerata penilaian 89% dengan kategori sangat valid, sedangkan berdasarkan ahli materi, E-LKPD mendapatkan rerata penilaian 85% dengan kategori sangat valid. Rerata total E-LKPD dari ahli media dan ahli materi mencapai 87% dengan kategori sangat valid, hal ini menunjukkan bahwa E-LKPD layak pada penilaian validitas.
KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMK DALAM MENYELESAIKAN SOAL NUMERASI Lilik Ariyanto; Noviana Dini Rahmawati; Al Anisa Dewi Mustika
JIPMat Vol 8, No 2 (2023)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jipmat.v8i2.16368

Abstract

Studi ini meneliti kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal numerasi yang akan ditinjau berdasarkan kemandirian belajar kategori tinggi dan sedang. Penelitian ini merupakan penelitian dekriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Pembangunan Nasional yang terdiri dari satu siswa tipe kemandirian belajar tinggi, dan satu siswa tipe kemandirian sedang. Dalam penelitian ini, angket kemandirian belajar, tes soal, dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan tirangulasi metode. Menurut analisis, subjek dengan kemandirian belajar tinggi mampu memenuhi semua indikator kemampuan komunikasi matematis, Sementara subjek dengan kemandirian belajar sedang hanya mampu memenuhi dua indikator kemampuan komunikasi matematis dari total semua indikator.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA Sri Agustina Machmud; Tedy Machmud; Khardiyawan A. Y. Pauweni
JIPMat Vol 8, No 2 (2023)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jipmat.v8i2.16698

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) pada materi Segiempat dan Segitiga di kelas VII-6 SMP Negeri 2 Gorontalo. Penelitian tindakan kelas melibatkan siswa kelas VII-6 dengan jumlah 30 orang yang terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Hasil penelitian pada proses pembelajaran dapat dilihat dari skor rata-rata hasil belajar matematika siswa pada siklus I yaitu ranah afektif dengan kriteria baik dan sangat baik mencapai 54,17%, ranah psikomotorik dengan kriteria baik dan sangat baik mencapai 56,67%, ranah kognitif siswa yang tuntas dengan persentase 66,67% dan pada siklus II yaitu ranah afektif dengan kriteria baik dan sangat baik mencapai 80,83%, ranah psikomotorik dengan kriteria baik dan sangat baik mencapai 83,33%, ranah kognitif siswa yang tuntas dengan persentase 90%. Berdasarkan peningkatan persentase dari 3 (tiga) ranah tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa

Page 1 of 2 | Total Record : 13